IndoPROGRESS Baru: Setelah 14 Tahun

Print Friendly, PDF & Email

Ilustrasi: Illustruth


AKHIR Juli 2020, IndoPROGRESS akan memasuki usia empat belas tahun. Pada awal kemunculannya, saya membayangkan sebuah media alternatif dengan konten yang saat itu bisa dibilang amat sangat jarang mendapatkan tempat: anti-kapitalisme, anti-militerisme, pro-kesetaraan gender dan seksual juga pro-kelestarian lingkungan.

Mengapa IndoPROGRESS? Walaupun saya telah pindah ke Amerika Serikat dan memulai petualangan hidup yang sama sekali baru, Indonesia adalah sebuah memori yang tertanam kuat di kesadaran saya: kawan-kawan saya yang hilang diculik dan tak juga kembali ada di kepala saat IndoPROGRESS bermula. Saya ingin mereka terus hidup dan salah satu alasan IndoPROGRESS didirikan adalah untuk terus membuat mereka ada. Saya juga berpikir tentang bagaimana IndoPROGRESS bisa menjadi alat yang bisa membantu demokratisasi ilmu pengetahuan dan dunia pendidikan di Indonesia. Jadi, keberadaan IndoPROGRESS salah satunya adalah sebagai jawaban atas larangan terhadap ajaran Marxisme dan Sosialisme di Indonesia yang eksis sampai sekarang.

Dalam pengelolaan sejak awal, saya harus berterima kasih kepada dua orang. Sari Safitri Mohan yang menjadi kolaborator dalam penyuntingan naskah-naskah awal, dan yang menginisiasi dan mengawal kanal Podcast dan IndoPROGRESS TV (IPTV). Selain itu, tentu saja adalah Alit Ambara, yang selalu siap 24 jam untuk saya ganggu agar memperbaiki dan memperbaharui desain IndoPROGRESS, serta mengatasi gangguan-gangguan teknis. Saya juga terbantu dengan kemajuan teknologi yang membuat saya bisa mengurus IndoPROGRESS dari sejak bayi. Dari yang awalnya hanya berupa kumpulan tulisan-tulisan progresif yang bertebaran di berbagai kanal media, akhirnya media ini terus berkembang seiring bergabungnya awak IndoPROGRESS yang baru. Mereka rata-rata masih muda dan punya pikiran yang cemerlang tentang masa depan Indonesia. Merekalah yang terus menghidupi apa yang selama ini menjadi api IndoPROGRESS.


..That we all are onward, onward, speeding slowly, surely bettering – Walt Whitman (Going Somewhere)


Dalam satu tahun terakhir, pelan-pelan saya menyerahkan apa yang selama ini saya kerjakan ke anak-anak muda ini. Mereka bekerja secara pro bono di luar kerja utama mereka untuk mengurusi IndoPROGRESS. Tidak banyak yang bisa terus mendedikasikan waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak memberikan imbalan berupa uang, tetapi anak-anak muda ini terus bergerak dan membara. Seperti petikan sajak Walt Whitman yang saya kutip di atas, kita semua bergerak maju, pelan tapi pasti, menuju arah yang semakin baik. Ini yang saya saksikan dan saya percaya terus terjadi dari tangan anak-anak muda ini untuk IndoPROGRESS. Maka, tepat saat IndoPROGRESS berusia empat belas tahun nanti, saya memberikan tongkat estafet yang selama ini saya pegang sebagai Pemimpin Redaksi kepada Rianne Subijanto. Rianne—kami memanggilnya Anne—adalah seorang profesor kajian media di Baruch College, City University of New York (CUNY)  dan salah seorang editor IndoPROGRESS yang mumpuni. Bersama dengan Rianne, ada sekelompok anak muda lain yang secara kolektif menjadi penggerak dan bekerja sebagai editor inti di IndoPROGRESS.

Saya percaya di tangan generasi kepemimpinan yang baru ini, IndoPROGRESS  akan menjadi lebih baik. Saya berharap para pembaca (website maupun jurnal), penonton (saluran YouTube atau Instagram) dan pendengar (podcast) IndoPROGRESS terus mendukung tumbuhnya IndoPROGRESS. Yang tua berhenti, yang muda terus berjalan menghidupi.

Salam hormat dan terima kasih.


The sun now low in the west rises for mornings and for noons
continual; To frozen clods ever the spring’s invisible law returns,

With grass and flowers and summer fruits and corn

– Walt Whitman (Continuities).***


×

IndoPROGRESS adalah media murni non-profit. Demi menjaga independensi dan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, kami tidak menerima iklan dalam bentuk apapun untuk operasional sehari-hari. Selama ini kami bekerja berdasarkan sumbangan sukarela pembaca. Pada saat bersamaan, semakin banyak orang yang membaca IndoPROGRESS dari hari ke hari. Untuk tetap bisa memberikan bacaan bermutu, meningkatkan layanan, dan akses gratis pembaca, kami perlu bantuan Anda.

Jika Anda merasa situs ini bermanfaat, silakan menyumbang melalui PayPal: redaksi.indoprogress@gmail.com; atau melalui rekening BNI 0291791065. Terima kasih.

Kirim Donasi

comments powered by Disqus