Media Kolektif dan Politik Kelas

Ilustrasi: Illustruth


IndoPROGRESS menerima tulisan/artikel untuk dipublikasikan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Membahas isu-isu penting dari ekonomi, sosial, politik, kebudayaan, sains, lingkungan hingga kesehatan baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

2. Jenis tulisan bisa berupa laporan jurnalistik, polemik, esai reflektif, resensi buku, eksposisi teoretis, arsip/dokumen sejarah dengan pengantar, dan wawancara.

3. Tulisan wajib merujuk pada fakta dan data dari sumber-sumber rujukan yang kredibel. Data dan rujukan harap dikutip menggunakan tautan langsung (hyperlink) dan/atau daftar referensi.

4. Ditulis dengan mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

5. Panjang tulisan berkisar antara 1.500 hingga 2.500 kata. Untuk tulisan yang lebih panjang dari 2.500 kata, kami menyarankan untuk memecahnya menjadi dua bagian atau lebih.

6. Penulis dapat mencantumkan foto dokumentasi pribadi sebagai ilustrasi pelengkap tulisan/artikel. Penulis wajib mencantumkan keterangan sumber untuk foto/gambar yang tidak berasal dari penulis. Foto/gambar dikirim sebagai berkas terpisah (tidak dimasukkan ke dalam berkas tulisan).

7. Left Book Review menerima tinjauan atas buku-buku dalam spektrum luas tradisi Marxis. Buku yang diulas disarankan diterbitkan setelah tahun 2010.

8. Penulis wajib menyertakan profil singkat sepanjang satu atau dua kalimat.

9. Bersifat sukarela. Redaksi tidak memberikan honorarium atau imbalan materiil lainnya.

10. Tulisan/artikel yang mengandung unsur plagiarisme akan langsung ditolak.


Redaksi akan mengabarkan penulis maksimal dalam waktu satu minggu setelah tulisan dikirim ke harian@indoprogress.com. Jika lebih dari satu minggu redaksi tidak memberikan jawaban, maka tulisan dianggap tidak lolos seleksi redaksi dan penulis berhak menerbitkannya di tempat lain.

Jika tulisan diterima, penulis wajib mengikuti proses penyuntingan bersama editor dengan seksama. Penulis akan segera diberitahu jika redaksi menilai tulisan layak untuk langsung diterbitkan. Jika tulisan membutuhkan perbaikan mendasar (major revision), atau pembaruan (update) data dan fakta sesuai informasi terkini, redaksi akan mengembalikan tulisan kepada penulis disertai komentar dan saran-saran perbaikan. Penulis memiliki waktu paling lama satu minggu untuk mengirimkan naskah yang sudah diperbaiki. Redaksi akan meninjau ulang kelayakan tulisan yang telah diperbaiki tersebut dan penulis akan mendapatkan kabarnya dalam kurun waktu satu minggu setelah naskah perbaikan dikirimkan.

Keberatan atas hasil penyuntingan dari editor dapat diajukan paling lambat 1 hari setelah proses editing selesai dilakukan. Penulis dapat memilih untuk melanjutkan publikasi di IndoPROGRESS atau tidak.

Penulis bertanggung jawab penuh terhadap tulisan/artikel yang dikirimkan. Jika dikemudian hari di dalam tulisan/artikel terbukti mengandung unsur plagiarisme, maka redaksi akan menurunkan artikel tersebut dan penulis wajib memberikan klarifikasi secara tertulis.

Sebuah tulisan/artikel dapat dipublikasikan ulang di IndoPROGRESS. Keputusan redaksi untuk penerbitan ulang didasarkan pada:

1. Isu/topik yang diangkat di dalam tulisan bersifat penting untuk keperluan pendidikan publik.

2. Kontribusi penting bagi pengembangan gerakan sosial dan kajian sosial kritis.

3. Artikel telah mengikuti ketentuan penulisan di IndoPROGRESS.