Francis Wahono – Permasalahan Agraria dan Pemilu 2014

Print Friendly, PDF & Email

Rumitnya permasalahan agraria di tanah air tak kunjung mengudar, bahkan semakin hari semakin pelik, mulai dari ketimpangan kepemilikan lahan hingga meningkatnya konflik lahan. Dalam kondisi tersebut, petani gurem dan petani tak bertanah adalah pihak yang paling rentan dan kerap dikorbankan. Permasalahan agraria yang mengemuka sejak era kolonial dan menerus hingga era Yudhoyono, kiranya penting untuk dibahas.

Kami, tim produksi IndoPROGRESS TV, berinisiatif mewawancarai Francis Wahono, pada Sabtu, 5 April 2014. Wahono adalah Direktur Yayasan Cindelaras Paritrana Yogyakarta. Wahono bersama Cindelaras mengabdikan diri dalam kerja-kerja pendampingan petani, seperti pengorganisiran pertanian organik-kolektif dan mendorong pengembangan koperasi petani.

Selain itu, Wahono juga menulis dan menyunting beberapa buku, diantaranya: Teologi Pembebasan: Sejarah, Metodologi, Praksis dan Isinya (Jakarta: Sinar Harapan, 1987; Yogyakarta: LKiS, 2000, 2008) Hak-Hak Azasi Petani dan Proses Perumusannya (co-editor, Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas), Kapitalisme Pendidikan: Antara Kompetisi dan Keadilan Sosial (Yogyakarta: Insist, Pustaka Pelajar, 2001), Neoliberalisme (co-editor, Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas, 2004), Ekonomi Politik Pangan (co-editor, Jakarta: Bina Desa dan Yogyakarta: CindeBooks, 2011).

Wahono dalam video wawancara ini memaparkan pandangan dan pemikirannya tentang permasalahan agraria di Indonesia secara umum, serta kaitannya dengan momen Pemilu 2014; karena bagaimanapun juga permasalahan agraria tak bisa dilepaskan dari kekuasaan negara yang terlegitimasi oleh pemilu. Selamat menyimak.

Salam,

Tim Produksi IPTV
Suluh Pamuji dan Udin Choirudin

×

IndoPROGRESS adalah media murni non-profit. Demi menjaga independensi dan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, kami tidak menerima iklan dalam bentuk apapun untuk operasional sehari-hari. Selama ini kami bekerja berdasarkan sumbangan sukarela pembaca. Pada saat bersamaan, semakin banyak orang yang membaca IndoPROGRESS dari hari ke hari. Untuk tetap bisa memberikan bacaan bermutu, meningkatkan layanan, dan akses gratis pembaca, kami perlu bantuan Anda.

Jika Anda merasa situs ini bermanfaat, silakan menyumbang melalui PayPal: redaksi.indoprogress@gmail.com; atau melalui rekening BNI 0291791065. Terima kasih.

Kirim Donasi

comments powered by Disqus