Islam Politik: Sebuah Analisa Marxis

Print Friendly, PDF & Email

Judul: ISLAM POLITIK: Sebuah Analisis Marxis
Penulis: Deepa Kumar
Editor: Coen Husain Pontoh
Penerbit: Resist Book Yogyakarta
ISBN: 978-979-1098-07-6
Jenis Cover: Soft Cover
Halaman: 74 halaman
Text Bahasa: Indonesia
Harga: Rp 25.000,-

DESKRIPSI

Secara umum, kaum Islamis mungkin berperang melawan imperialisme, namun mereka tak berprinsip anti imperialis. Jika kita melihat contoh historis, kita bisa menemukan kasus dimana kaum Islamis mampu mengorganisir massa melawan imperialisme dan dimana mereka berkolaborasi dengan kekuatan imperialis.

Singkatnya, kita sering menemukan bahwa kelompok Islamis adalah entitas yang melayani diri mereka sendiri dan tak berprinsip anti imperialis. Untuk itulah kita sebaiknya tidak membuat kesalahan yang berlawanan atas tawaran dukungan untuk kaum Islamis di semua kurun waktu sejarah. Sebaliknya, sebuah analisa historis yang konkret dan penilaian kasus per kasus sangat penting untuk menentukan kapan kita menawarkan dukungan kritis pada partai-partai Islam politik.

DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Bab I Islam, Politik dan Islam Politik
Bab 1.1 Pengantar
Bab 1.2 Islam, Islam Politik dan Sekulerisme
Bab 1.3 Kegagalan Islam revivalis
Bab II Kebangkitan Islam Politik
Bab II.1 Imperialisme Amerika Serikat dan Islam Politik
Bab II.2 Kegagalan Nasionalisme Sekuler
Bab II.3 Kegagalan Partai-Partai Komunis
Bab II.4 Krisis ekonomi dan basis kelas Islamisme
Bab III Islam Politik: Keberuntungan yang campur aduk
Bab III.1 Imperialisme, kiri dan Islam politik
Bab IV Kesimpulan

BIOGRAFI SINGKAT

Deepa Kumar, adalah Associate Professor bidang Studi Media (Media Studies) dan Studi Timur Tengah (Middle East Studies), di Rutgers University, New York, Amerika Serikat. Buku pertamanya, Outside the Box: Corporate Media Globalization and the UPS Strike, University of Illinois Press, 2007. Buku kedua yang segera terbit Islamophobia and the Politics of Empire, Haymarket Books, 2012. Ia kini tengah mengerjakan buku ketiganya, Political Islam, U.S. foreign policy and the media.

Coen Husain Pontoh, mahasiswa Ilmu Politik di Graduate Center For Workers Education, Brooklyn College, City University of New York (CUNY), dan pemimpin redaksi Jurnal IndoPROGRESS.

×

IndoPROGRESS adalah media murni non-profit. Demi menjaga independensi dan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, kami tidak menerima iklan dalam bentuk apapun untuk operasional sehari-hari. Selama ini kami bekerja berdasarkan sumbangan sukarela pembaca. Pada saat bersamaan, semakin banyak orang yang membaca IndoPROGRESS dari hari ke hari. Untuk tetap bisa memberikan bacaan bermutu, meningkatkan layanan, dan akses gratis pembaca, kami perlu bantuan Anda.

Jika Anda merasa situs ini bermanfaat, silakan menyumbang melalui PayPal: redaksi.indoprogress@gmail.com; atau melalui rekening BNI 0291791065. Terima kasih.

Kirim Donasi

comments powered by Disqus