Jurnal IndoPROGRESS (JIP) adalah jurnal pemikiran Marxis berbasis di Indonesia, peer-reviewed dan terbit dua kali setahun di bulan Januari dan Agustus. JIP menerima artikel orisinil yang menggunakan dan/atau mengkritik pemikiran-pemikiran dari berbagai tradisi dalam Marxisme.

Kami juga membuka ruang untuk perdebatan-perdebatan konseptual dan temuan-temuan di dalam teori Marxisme. JIP menerima tulisan dari semua bidang, dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Kami juga menerima ulasan buku terbaru dalam tradisi Marxis.

 

 

 

Editor: Iqra Anugrah, Coen Husain Pontoh, Arianto Sangaji, Rianne Subijanto, Martin Suryajaya

Editor Bahasa: Vauriz Bestika

Anggota Editor: Alit Ambara, Anom Astika, Yovantra Arief, Muammar Fikrie, Mohamad Zaki Hussein, Fathimah Fildzah Izzati, Windu W. Jusuf, Airlangga Pribadi Kusman, Sari Safitri Mohan, Dede Mulyanto, Suluh Pamuji, Fahmi Panimbang, Hizkia Yossie Polimpung, Inaya Rakhmani, Ayu Diasti Rahmawati, Manan Rasudi, Muhammad Ridha, Berto Tukan

Editor Penasihat: Hilmar Farid, Vedi Hadiz, John Roosa, Sylvia Tiwon

 

 

Merayakan Perdebatan

Indoprogress-II-Januari-2012
Jurnal Indoprogress II/ Januari 2012 Dalam edisi kali ini, kami mengangkat tema utama ‘Merayakan Perdebatan.’ Seluruh artikel yang terhimpun dalam tema utama ini, telah... » Selengkapnya

Agama dan Negara

Indoprogress-1-September-2011
Jurnal Indoprogress I/ September 2011 Pada edisi pertama ini, kami mengangkat tempa “Agama dan Negara Jejak Persilangan Kekerasan.” Dalam edisi perdana yang disunting dari... » Selengkapnya

 

Jurnal IndoPROGRESS menerima berbagai kontribusi artikel dan ulasan buku (book review dan review essay) yang mengembangkan dan/atau mengkritik teori Marxisme dari berbagai disiplin ilmu. Sebagai jurnal interdisipliner, kami menganjurkan para kontributor kami untuk memakai istilah-istilah ilmiah secara jelas dan menghindari penggunaan istilah, jargon dan ungkapan yang tidak perlu demi jangkauan pembaca yang lebih luas (sebagai contoh, bayangkan bagaimana tulisan filsafat dapat dipahami oleh para pengkaji ilmu ekonomi dan sebaliknya). Kami menerima kontribusi baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Harap mencantumkan abstraksi dengan batas kata maksimal 150 kata dan 4-6 kata kunci (keywords) yang berkaitan dengan tema tulisan anda.

Kebijakan Blind Peer-Review

Sebagai bagian dari kebijakan editorial dan komitmen kami terhadap proses blind peer-review, dimohon untuk menghilangkan segala referensi yang berkaitan dengan data diri (nama, afiliasi institusi, dan lain sebagainya) dari naskah tulisan anda. Data diri dan biografi singkat akan kami minta ketika naskah anda telah melalui proses blind peer-review.

Untuk dokumen MS Word, dimohon untuk menghilangkan data diri anda dari dokumen MS Word dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: File > Save As > Tools (atau Options untuk Macintosh) > Security > Remove personal information from file properties on save > Save.

Batas Kata dan Format Penulisan

TJumlah untuk artikel adalah antara 4.000 sampai dengan 10.000 kata (di luar daftar referensi) plus catatan kaki sedangkan untuk ulasan buku (baik book review maupun review essay) adalah 1.500 sampai dengan 2.500 kata. Naskah harus ditulis dalam font Times New Roman dengan ukuran 12 dan spasi ganda (double-spaced).

Statistik, Tabel dan gambar

Sekiranya diperlukan, data statistik, tabel dan gambar dapat langsung dicantumkan di dalam naskah, bukan sebagai lampiran.

Sistem Referensi dan Pengutipan

Sistem referensi dan pengutipan yang digunakan untuk Jurnal IndoPROGRESS adalah sistem Chicago Manual of Style. Jika diperlukan, silahkan menggunakan catatan kaki sebagai pelengkap rujukan dalam naskah anda. Untuk daftar referensi dan pengutipan dalam naskah (in-text citation), format yang digunakan adalah sebagai berikut:

Buku

Dumenil, G., and Levy, D. 2011. The Crisis of Neoliberalism. Cambridge and London: Harvard University Press.
(Dumenil and Levy 2011, 30-40).

Lefebvre, Henri. 1968. The Sociology of Marx. New York: Columbia University Press. 

(Lefebvre 1968, 12-25).

Bab dalam volume buku

Postan, Michael.M., and Hatcher, John. 1985. “Population and Class Relation in Feudal Society.” In The Brenner Debate: Agrarian Class Structure and Economic Development in Pre-Industrial Europe, edited by T.H. Aston and C.H.E. Philpin, 64-78. Cambridge, New York and Melbourne: Cambridge University Press.
(Postan and Hatcher 1985, 64-78).

Jurnal ilmiah

Moseley, F. 2011. “The Whole and the Parts: The Early Development of Marx’s Theory of the Distribution of  Surplus-Value in the Grundrisse.” Science & Society, 75 (1): 59 – 74.
(Moseley 2011, 63).

Majalah dan Surat Kabar

Sujatmiko, B. 2000. “Gerakan Mahasiswa Kini Bersama  Rakyat Tuntaskan Reformasi Total.” Kompas, December 20.
(Sujatmiko 2000).

Website dan sumber-sumber dari internet lainnya

Empson, Martin. 2011. “Japan’s Nuclear Nightmare.” Socialist Review, April 12. Accessed May 20, 2011. http://www.socialistreview.org.uk/article.php?articlenumber=11610.
(Empson 2011)

Untuk referensi lebih lanjut mengenai sistem Chicago Manual of Style, silahkan merujuk kepada http://www.chicagomanualofstyle.org/tools_citationguide.html

Format Pengiriman

IndoPROGRESS hanya menerima naskah elektronik dalam format MS Word dalam bentuk attachment ke: jurnal@indoprogress.com