Tugas Kita Bukan Memaklumi, Apalagi Merasionalisasi

Print Friendly, PDF & Email

Bung, kedepan ini adalah pertarungan.

Boleh saja sambil bergembira, tetapi waktu tak memberi kita kemewahan dan banyak jeda untuk merasakannya. 

 

BAIKLAH, perdamaian ternyata lebih cepat dari yang saya duga.

Kau,

Besok Bung dilantik, dan tiba-tiba saja semua jadi patriot, maaf-maafan, saling hormat dan tunduk, saling puja dan puji. Tiba-tiba semua demi persatuan bangsa. Kapan, sebenarnya, kita benar-benar bersatu sejak dihantam kediktatoran Orde Baru, Bung?

Drama di DPR belum sirna dari sudut mata ingatan. Saat itu seluruh kepala-kepala komisi disapu bersih oleh Koalisi yang disinyalir akan menjegalmu, UU Pilkada disahkan tanpa perlawanan signifikan barisan partai pendukungmu. Belum kering keringat para demonstran, belum pun dimulai sidang penggugat UU Pikada di Mahkamah Konstitusi, kau sudah merangkul Prabowo, menyambangi Bakri, menerima Hatta. Besok, mereka akan hadir turut memberimu tepuk tangan.

Sejak awal ini adalah pertarungan, dan mereka semua adalah bagian besar masalah bangsa. Memang ini bukan pertarunganmu, tetapi pertarungan kami. Bagi kami yang bertarung, partai-partai pendukungmu dan Koalisi yang mendominasi DPR adalah sumber masalah, bukan bagian solusi. Tetapi sebagian dari kami mencoba mengerti, bahkan terpaksa harus berjiwa besar, membelamu agar si penjahat Hak Azasi Manusia itu tidak memimpin negeri ini. Sejak awal, sebagian kami, sudah katakan: ini bukan soal menghadang Prabowo dan memenangkanmu belaka, ini soal memenjarakan para pelaku kejahatan kemanusiaan.

Dan tahukah kau, sebagian yang bekerja keras tanpa pamrih di luar lingkaran-lingkaran intimu, adalah orang-orang yang marah pada Prabowo, Bakrie, militerisme, dan intoleransi? Mereka menghendaki masa depan yang berbeda dari masa lalu, yang mengadili kejahatan HAM, yang memfasilitasi demokrasi, mendorong keberagaman, dan membuat garis batas pada warisan politik Orde Baru Soeharto. Merekalah yang juga marah pada beberapa jenderal berdarah yang menjadi inti lingkaranmu.

Sebagian relawan, yang kau bilang adalah satu dari tiga faktor utama kemenanganmu itu, punya tuntutan juga harapan. Sayangnya, yang menuntut lebih sedikit ketimbang yang berharap. Dan kau mulai bermain dengan harapan itu.

Kau tidak pernah seorang diri, jika saja kau memilih bergabung dengan barisan dan agenda-agenda perjuangan kami. Ini bukan soal tindakan patriotik dengan memberi selamat ulang tahun pada Prabowo sambil berangkulan, ini soal menggulung lengan kemeja dan bekerja untuk pembebasan, seperti katamu. Dan bekerja untuk politik pembebasan itu menghendaki keberanian dan prinsip, bukan ramah-tamah dalam selimut kedamaian palsu.

Kini, kau telah melesat menjadi roket, sementara kami masih berkumpul menyusun kerikil. Baiklah.

 

Kita

Kenapa mesti disyukuri perdamaian Jokowi dan Prabowo? Kenapa tiba-tiba kita jadi berbesar hati bahwa ini adalah wujud berdemokrasi? Sejak kapan Prabowo adalah bagian perjuangan demokrasi kita? Kenapa ketiadaan prinsip dan orientasi politik yang tegas disorak-sorai tidak sedikit orang? Mengapa ‘keterbatasan’ mereka mesti kita mengerti, bahkan kita rasionalisasi, sementara batas kesabaran kita tak coba kita mengerti dan rasionalisasi? Kenapa kita mesti memaklumi kesulitan Jokowi di dalam rezim yang tak pernah sukacita pada demokrasi dan keadilan sosial? Apa urusannya sehingga kita harus merasionalisasi bahkan membela kesulitannya?

Tugas kita adalah melawan hambatan demokrasi, bukan merasionalisasi kesulitan melawan hambatan itu. Seakan-akan kita adalah bagian inti lingkaran mereka, yang tahu persis kejiwaan Jokowi, sehingga kita menjadi jurubicara tanpa dimintanya.

Kita, sejak awal, bukan bagian mereka. Bila sekarang sebagian kita merasa jadi bagian mereka, maka sebagian kita akan menjadi masalah baru bagi agenda perubahan yang sedang kita perjuangkan.

Sejak kapan mengubah situasi dengan memperbaiki sistem menjadi penentu ketimbang mengubah situasi dengan melawan sistem? Sejak kapan ‘mengubah dari dalam’ menjadi pokok ketimbang ‘mengguncang dari luar’? Berapa generasi lagi harus menderita kekalahan karena mengulangi strategi yang tak pernah terbukti memenangkan pertarungan?

Ketika media mainstream tiba-tiba mendukung perubahan dan menampilkan sosok-sosok bintang yang dengan sumringah berjabat tangan sebagai solusinya, maka disaat itulah kita harus bercuriga bahwa perubahan itu akan terhambat. Ketika orang-orang yang pro perubahan tak lagi bicara agenda perjuangan tetapi posisi dan pembelaan, maka kita harus bersiap perubahan itu akan lebih melambat. Perjuangan untuk mengubah nasib dan hidup itu tidak mudah, karena eksploitasi dan penindasannya bersifat sistemik. Ia mensyaratkan konfrontasi dan prinsip, bukan pemakluman dan perdamaian. Di semua sejarah peradaban manusia, hanya dua pertama yang telah terbukti memberdayakan, sementara dua berikutnya terbukti memperdayakan.

Hugo Chavez menjadi presiden Venezuela pada tahun 1998 karena ia memimpin pemberontakan dan dipenjara pada tahun 1992. Evo Morales menjadi presiden Bolivia karena ia berhasil dipaksa pergerakan rakyat melawan privatisasi agar melawan lebih keras. Jokowi bukan mereka. Jokowi bukan pula Jose Mujica, presiden Uruguay bekas gerilyawan pembebasan yang sangat sederhana, sekalipun harga sepatunya dulu tak lebih 150 ribu.

Jokowi bukan kita, walau ia tampil sederhana. Maka tugas kita bukan memakluminya, apalagi merasionalisasinya. Tugas kita melawan semua kecenderungan dan kemungkinan yang membuatnya semakin jauh dari harapan para pemilihnya. Percayalah, kekuasaan akan ramah pada perubahan ketika kekuatan kita membesar karena prinsip yang teguh, bukan karena kebaikan hati para bintang.

Sementara itu, para buruh sedang berpeluh mempersiapkan barisan diteriknya matahari perubahan iklim. Dalam harap, sekaligus kemarahan dan kecemasan, menuntut agar bisa mengkonsumsi ikan lebih dari 5 potong per bulan, air lebih dari Rp. 9.000-an per bulan, rekreasi lebih dari Rp. 1.900 per bulan, daging lebih dari 0,75 gram per bulan. Bila mereka mogok, aparat akan menghantam, syukur-syukur dengan pentungan kalau tidak popor senapan; pengguna jalan akan mendongkol karena memacetkan, tapi kemudian bersyukur jika upahnya ikut kecipratan naik; para twips ngedumel menuduh buruh nggak tau diuntung dan kurang bersyukur.

Apakah buruh-buruh harus lebih banyak bersyukur dengan upah seadanya, ketika Investasi Asing Langsung justru melonjak? Bahkan di wilayah-wilayah dimana buruh paling getol melawan, tak satupun pengusaha terbukti kabur.

Ah, seperti biasa, perjuangan selalu harus lebih keras dari kenyataan.

Dan, seperti biasa, itu saja tugas kita. ***

IndoPROGRESS adalah media murni non-profit. Demi menjaga independensi dan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, kami tidak menerima iklan dalam bentuk apapun untuk operasional sehari-hari. Selama ini kami bekerja berdasarkan sumbangan sukarela pembaca. Pada saat bersamaan, semakin banyak orang yang membaca IndoPROGRESS dari hari ke hari. Untuk tetap bisa memberikan bacaan bermutu, meningkatkan layanan, dan akses gratis pembaca, kami perlu bantuan Anda.

Shopping Basket

Berlangganan Konten

Daftarkan email Anda untuk menerima update konten kami.